Senin, 06 Oktober 2014

cara merawat kucing

Cara Merawat Kucing Peliharaan

 

  • Cara merawat kucing dan Memberi makanan kucing
Memberi makan kucing peliharaan wajib hukumnya, makanan kucing dapat mempengaruhi kesehatan dan daya tahan tubuh kucing. Berilah makanan kucing yang sehat dan bergizi dan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh kucing.
Pilihlah makanan yang mengandung protein dan vitamin untuk kucing, jangan sembarangan memberi makan kucing karena dapat merusak sistem pencernaan kucing. Kenali makanan yang boleh dimakan kucing atau yang tidak boleh dimakan kucing.
Selain makanan, kucing pun sangat membutuhkan air, karena air sangat penting dalam proses pencernaan kucing, usahakan kucing minum air sesuai kebutuhannya setiap hari dan pastikan kucing anda minum air bersih yang tidak terkontaminasi bakteri. Ganti minuman pada tempat minum kucing setiap hari.
  • Cara Merawat bulu dan kulit kucing
Selain pemberian makanan, cara merawat kucing peliharaan yang cukup penting lagi yaitu perawatan bulu dan kulit kucing, yaitu untuk mencegah penyakit kulit, atau parasit, seperti kutu dan jamur. Apalagi kalo kita memelihara kucing berbulu panjang atau longhair seperti kucing persia. Perawatan pada jenis kucing persia lebih ekstra dari perawatan bulu pada kucing yang berbulu pendek atau short hair , silahkan klik  tips cara merawat kucing persia untuk lebih detailnya.
Perawatan bulu dan kulit kucing yaitu dengan rutin menyisir bulu kucing yang bertujuan merapihkan bulu kucing dan mengangkat bulu bulu mati, bulu mati pada kucing yang jarang atau tidak pernah disisir dapat menyebabkan bulu gimbal pada kucing, bulu kucing yang gimbal dapat menjadi sarang kutu dan jamur pada kucing. Kutu dan jamur merupakan penyebab bulu kucing rontok
Memandikan kucing juga termasuk salah satu cara merawat kucing peliharaan di rumah, karena dapat membersihkan kotoran yang menempel pada bulu dan kulit kulit kucing. memandikan kucing minimalnya  2 minggu sekali, dan apabila bulu kucing sudah terlihat kotor sebaiknya segera dimandikan untuk mencegah peluang penyakit kutu dan jamur. Mandikan kucing dengan shampo kucing yaitu shampo yang dibuat khusus untuk digunakan pada kucing.
  • Sediakan tempat kotoran kucing
Kucing merupakan hewan yang suka kebersihan, sediakan tempat untuk kucing buang kotoran, gunakan tempat atau bak yang terbuat dari plastik agar dapat dicuci atau dibersihkan, sebaiknya isi bak kotoran dengan pasir khusus, seperti pasir zeolite atau pasir gumpal.
  • Menyediakan perlengkapan kucing
Perlengkapan untuk memelihara dan merawat kucing yang perlu kita sediakan yaitu,
  1. Tempat makan dan minum kucing, sebaiknya gunakan yang berbahan stainless dan mempunyai lebih dari satu
  2. Tempat menyimpan makanan kucing apabila memberi makan kucing dry food atau makanan kering
  3. Tempat buang kotoran atau bak pasir
  4. Serok untuk membuang kotoran pada bak pasir
  5. Kandang kucing, yang sesuai dengan ukuran kucing
  6. Pet cargo, keranjang kucing untuk membawa kucing bepergian, seperti ke dokter hewan
  7. Alat alat grooming, seperti sisir, gunting kuku kucing
  8. Shampo kucing
  9. Disinfektan
  10. Kanebo atau handuk untuk mengeringkan bulu kucing
  11. Blower atau Hair dryer
  12. dll
  • Cara merawat kucing agar terhindar dari penyakit
Virus dan bakteri juga menyerang kucing, kucing yang terserang virus dapat beresiko kematian, oleh karena itu cara merawat kucing yang baik itu salah satunya dengan menjaga kucing terhindar dari serangan virus dan bakteri, yaitu dengan melakukan vaksinasi kucing.
  • Vaksinasi kucing
Lakukan vaksinasi kucing sesuai yang dianjurkan oleh dokter hewan. Vaksinasi kucing merupakan tindakan preventif dengan memasukkan agen virus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh kucing untuk merangsang kekebalan tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri berbahaya, seperti virus panleukopenia, virus rhinotrachitis, virus calici, virus rabies, bakteri chlamydia, dll.
Anak kucing sebaiknya sudah divaksin pada umur sekitar 8-10 minggu dan diulang pada 1 bulan berikutnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Setelah itu vaksinasi kucing sangat dianjurkan pengulangan setiap tahun. Pada kucing yang belum pernah divaksin dan berumur diatas 6 bulan cukup dilakukan vaksinasi setahun sekali.
Selain vaksinasi, kucing juga perlu asupan vitamin tambahan supaya kucing selalu dalam kondisi sehat. Beri vitamin A, D, E, Lysine, minyak ikan, omega 3, omega 6, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar